Rabu, 30 Maret 2011

Sifat Penunjang Suksesnya Peran Ibu

Ibu merupakan sentral yang mampu mewarnai kehidupan dalam rumah tangganya. Kebahagiaan bisa diciptakan kalau seorang ibu benar-benar mengupayakan kebahagiaan dalam keluarganya. Selain komitmen yang telah terjalin dengan suami, peran ibu sangat dominan untuk menghantarkan terciptanya generasi yang shaleh/shalehah. Apa saja yang bisa mendukung suksesnya peran yang diemban para ibu? Ada beberapa sifat baik, apabila sang ibu berusaha mrnerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, maka rumah bukan saja berarti “house”, namun lebih cenderung ke arah “home”, atau lebih singkatnya akan tercipta “rumahku surgaku”. Sifat-sifat tersebut antara lain :
1. Penyayang : Sifat penyayang sangat dibutuhkan sebagai penghangat suasana. Kita semua akan betah berada di antara orang yang penyayang. Hati yang begitu lembut memancarkan rasa “care” pada anak sehingga anak akan tumbuh baik fisik ataupun mentalnya secara optimal.
2. Sabar : Kita semua mengetahui bahwa jam kerja seorang istri dan ibu adalah 24 jam. Coba bayangkan sewaktu kita memiliki bayi. Pada malam hari, dimana banyak orang terlelap kita tetap saja berjaga sewaktu-waktu jika si bayi menangis, entah haus, ngompol atau malah buang air besar.baban berat ini akan sukses dilalui kalau si ibu mempunyai sifat sabar.
3. Mau Berkorban : Ada istilah “segalak-galaknya harimau tidak akan memakan anak kandungnya sendiri”. Jiwa mau berkorban wajib dimiliki para ibu, karena sangat mungkin kepentingan ibu harus tersisihkan setelah punya anak.
4. Disiplin : Disiplin disini lebih menitik beratkan pada kemandirian anak sejak dini. Anak yang dididik mandiri sejak dini, akan mampu menolong dirinya sendiri. Selain akan timbul rasa percaya diri juga tidak akan merepotkan orang tua.
5. Tegas : Tegas disini mengharuskan ibu bersikap konsisten terhadap aturan, mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak. Demi suksesnya aturan dalam keluarga maka ayah dan ibu harus kompak sehingga anak tidak bingung dalam bersikap.
6. Cerdas : Seorang ibu wajib cerdas dalam menyikapi dan memecahkan masalah. Segala sesuatu di dunia ini selalu berkembang dan berubah. Semua membutuhkan ilmu dan hanya orang cerdaslah yang tetap mau belajar dan menambah wawasannya.
7. Bijaksana : Kenapa harus bijaksana? Karena diluar peraturan yang ada mungkin masih ada sesuatu yang harus dipecahkan dan membutihkan kebijaksanaan
8. Tawakal : Tawakal mengandung arti berusaha seoptimal mungkin, hasil akhirnya diserahkan kepada Alloh SWT. Kiranya sifat ini sangat penting dimiliki oleh para ibu.

sumber : http://www.bumiasri.com/

2 komentar:

  1. wuiihhh..
    si bunda...
    semoga menjadi istri dan ibu yang baek ya..
    keluarga sakinah, mawaddah warohmah...
    amien....

    BalasHapus
  2. Smoga kamu bisa jadi yang baexxxx...

    BalasHapus